Langsung ke konten utama

Unggulan

Pengembangan Materi Ajar Mengikuti Perkembangan Masa

  Hello Reader's!!  Dalam era di mana perubahan terjadi dengan cepat, pengembangan materi ajar menjadi kunci utama dalam menawarkan pendidikan yang relevan dan adaptif bagi setiap generasi pelajar. Melangkah seiring dengan perkembangan masa adalah tantangan yang harus dihadapi oleh para pendidik agar mampu menghadirkan pengalaman belajar yang dinamis dan berdaya guna bagi siswa. Selamat membaca!!  ___ Pengembangan Materi Ajar Mengikuti Perkembangan Masa 1. Analisis Perubahan Kurikulum a. Evaluasi Perubahan Terkini pada Kurikulum - Pemahaman Revisi Kurikulum: Menelaah perubahan terbaru yang dilakukan pada kurikulum pendidikan. - Identifikasi Fokus Baru: Mengenali titik-titik fokus atau penekanan baru yang muncul dalam kurikulum yang berkaitan dengan perkembangan masa kini. b. Adaptasi terhadap Dinamika Sosial dan Teknologi - Memahami Perubahan Sosial: Mengidentifikasi tren sosial, budaya, dan teknologi yang mempengaruhi cara belajar siswa. - Pengintegrasian Teknologi: Memasukkan per

PENGERTIAN DAN SYARAT PROFESI KEGURUAN

 



Hallo readers!

Selamat datang kembali pada artikel ini! Profesi keguruan memiliki peran penting dalam membentuk generasi masa depan. Dalam blog ini, kita akan mengupas tuntas pengertian serta syarat-syarat yang perlu dipenuhi untuk menjalani karier sebagai seorang pendidik. Simaklah dengan seksama untuk memahami lebih dalam mengenai dunia keguruan.

______

Pengertian & Syarat Profesi Keguruan

1. Pengertian Profesi Keguruan

        Istilah profesi telah dibahas sebelumnya yaitu bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu. Sedangkan keguruan dalam KBBI diartikan sebagai perihal (yang menyangkut) pengajaran, pendidikan, dan metode pengajaran. Sehingga menurut KBBI profesi keguruan yaitu bidang pekerjaan yang dilandasi Pendidikan keahlian tentang pengajaran, pendidikan dan metode pengajaran.

`\rightarrow` Adapun beberapa definisi profesi guru menurut para ahli, sebgai berikut:
  1. Menurut Kartadinata, profesi guru adalah orang yang memiliki latar belakang pendidikan keguruan yang memadai, keahlian guru dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan diperoleh setelah menempuh pendidikan keguruan tertentu, dan kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh warga masyarakat pada umumnya yang tidak pernah mengikuti pendidikan keguruan.
  2. Menurut Kunandar mengemukakan profesi guru adalah keahlian dan kewenangan khusus dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan pelatihan yang ditekuni untuk menjadi mata pencaharian dalam memenuhi kebutuhan hidup yang bersangkutan. Guru sebagai profesi berarti guru sebagai pekerjaan yang mensyaratkan kompetensi (keahlian dan kewenangan) dalam pendidikan dan pembelajaran agar dapat melaksanakan pekerjaan tersebut secara efektif dan efisien serta berhasil guna.
  3. Menurut Makagiansar, profesi guru adalah orang yang memiliki latar belakang pendidikan keguruan yang memadai, keahlian guru dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan diperoleh setelah menempuh pendidikan keguruan tertentu (Makagiansar, M. 1996).
  4. Menurut Nasanius, dia mengatakan profesi guru yaitu kemampuan yang tidak dimiliki oleh warga masyarakat pada umumnya yang tidak pernah mengikuti pendidikan keguruan (Nasanius, Y. 1998).
  5. Menurut Galbreath, profesi guru adalah orang yang bekerja atas panggilan hati nurani. Dalam melaksanakan tugas pengabdian pada masyarakat hendaknya didasari atas dorongan atau panggilan hati nurani. Sehingga guru akan merasa senang dalam melaksanakan tugas berat mencerdaskan anak didik (Galbreath, J. 1999).
             Maka dapat disimpulkan bahwa, Profesi Keguruan merupakan suatu bidang pekerjaan khusus yang memerlukan keahlian, kemampuan, ketelatenan, dan pengetahuan yang digunakan untuk melaksanakan tugas pokok seperti mendidik, mengajar, membimbing, melatih, serta mengevaluasi peserta didiknya, agar memiliki sikap dan perilaku yang diharapkan.

2. Syarat-Syarat Profesi Keguruan

            Guru Indonesia menyadari bahwa pendidikan adalah bidang pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Bangsa dan Negara serta kemanusiaan pada umumnya. Guru Indonesia yang berjiwa pancasila dan setia pada Undang-Undang Dasar 1945, turut bertanggung jawab atas terwujudnya cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Khusus untuk jabatan guru, National Education Association (NEA) tahun 1948, maka profesi guru memerlukan persyaratan / kriteria khusus yaitu:
  • Jabatan yang melibatkan kegiatan intelektual
    Jabatan guru memenuhi kriteria ini, karena mengajar melibatkan upaya yang sifatnya sangat didominasi kegiatan intelektual. Selanjutnya, kegiatan yang dilakukan anggota profesi adalah dasar bagi persiapan dari semua kegiatan profesional lainnya.
  • Jabatan yang menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang khusus
    Anggota suatu profesi menguasai bidang ilmu yang membangun keahlian mereka dan melindungi masyarakat dari penyalahgunaan, amatiran yang tidak terdidik, dan kelompok tertentu yang ingin mencari keuntungan. Namun, belum ada kesepakatan tentang bidang ilmu khusus yang melatari pendidikan atau keguruan (Ornstein dan Levine, dalam Soetjipto dan Kosasi, 2004:19).
  • Jabatan yang memerlukan persiapan profesional yang lama (dibandingkan dengan pekerjaan yang memerlukan latihan umum belaka)
    Terdapat perselisihan pendapat mengenai hal yang membedakan jabatan profesional dan non-profesional yaitu dalam penyelesaian pendidikan melalui kurikulum. Pertama, yakni pendidikan melalui perguruan tinggi disediakan untuk jabatan profesional, sedangkan yang kedua yakni pendidikan melalui pengalaman praktek bagi jabatan non-profesional (Ornstein dan Levine, 2004:21).
  • Jabatan yang memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan
    Jabatan guru cenderung menunjukkan bukti yang kuat sebagai jabatan profesional, sebab hampir tiap tahun guru melakukan kegiatan latihan profesional, baik yang mendapatkan penghargaan kredit maupun tidak. Justru disaat sekarang ini bermacam-macam pendidikan profesional tambahan diikuti guru dalam menyetarakan dirinya dengan kualifikasi yang ditetapkan.
  • Jabatan yang menjanjikan karier hidup dan keanggotaan yang permanen
    Diluar negeri barangkali syarat jabatan guru sebagai karier permanen merupakan titik yang paling lemah dalam menuntut bahwa mengajar adalah jabatan profesional. Banyak guru baru yang hanya bertahan selama satu atau dua tahun saja pada profesi mengajar, setelah itu mereka pindah kerja kebidang lain yang lebih menjanjikan bayaran yang lebih tinggi.
  • Jabatan yang menentukan baku (standarnya) sendiri
   Karena jabatan guru menyangkut hajat orang banyak, maka baku untuk jabatan guru ini sering tidak diciptakan oleh anggota profesi sendiri. Baku jabatan guru masih sangat banyak diatur oleh pihak pemerintah, atau pihak lain yang menggunakan tenaga guru tersebut seperti yayasan pendidikan swasta. 
  • Jabatan yang lebih mementingkan layanan di atas keuntungan pribadi
    Jabatan mengajar adalah jabatan yang mempunyai nilai sosial yang tinggi. Guru yang baik akan sangat berperan dalam mempengaruhi kehidupan yang lebih baik dari warga Negara masa depan. Jabatan guru telah terkenal secara universal sebagai suatu jabatan yang anggotanya termotivasi oleh keinginan untuk membantu orang lain, bukan disebabkan oleh keuntungan ekonomi ataupun keuangan.
  • Jabatan yang mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat
    Semua profesi yang dikenal mempunyai organisasi profesional yang kuat untuk dapat mewadahi tujuan bersama dan melindungi anggotanya. Dalam beberapa hal, jabatan guru telah memenuhi kriteria ini dan dalam hal lain belum dapat dicapai. Di Indonesia telah ada Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGRI) yang merupakan wadah seluruh guru mulai dari guru taman kanak- kanak sampai guru sekolah lanjutan tingkat atas, dan ada pula Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) yang mewadahi seluruh sarjana pendidikan.


Dengan memahami betapa pentingnya peran seorang pendidik, kita turut berkontribusi dalam membentuk masa depan generasi penerus. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang dunia keguruan. Terima kasih telah membaca!

Komentar

Postingan Populer